Alpukat, Si buah legit yang berkhasiat

Hari minggu lalu ceritanya pagi-pagi ikutan acara unofficialnya kantor ayah Kirana untuk ber car free day-an. Karena meeting point nya di fx, jadilah kami nyari2 punya alesan untuk ‘mampir’ ke supermarket favorit kami yaitu Grand Lucky.
Kenapa kami suka ke Grand Lucky karena disana banyak jual produk impor. Ini bukan karena sok2 kebarat2an yah.. tapi ya somehow emang banyak barang2 terutama bahan makanan yang kami cari masih bermerk impor.
Singkat cerita, setelah selesai cfd-an, kami segera meluncur ke Grand Lucky. Dari judul yang cuma ‘mampir’, berubah jadi agak serius. Hihihi… Emang ini salah satu kebiasaan buruk saya dan Fadli. Dua2nya supermarket freaks. Jadi yang ga penting bisa jadi penting di supermarket. Sampailah kita ke area buah2an. Mata tertuju kepada buah berwarna coklat tua bertekstur keriput. Adalah Hass avocado namanya. Konon alpukat ini asalnya dari amerika sana. Untuk lengkapnya bisa baca disini . Lihat harganya… Waw.. mahal bingits.. tp karena lg kepengen bgt ya akhirnya kami beranikan diri untuk beli satu buah aja. Yap.. satu buah… Karena satu buah aja ditimbang harganya Rp 32.000,-.
Berikut penampakannya.

image

Ternyata setelah dibuka, teksturnya emang lebih lembut dan legit. Rasanya juga lebih manis. Tapi alpukat lokal sih ga kalah ya kalo lagi bagus. Kami beli alpukat ini cuma karena semata2 tergoda aja kok, bukan karena merendahkan produk lokal. Karena pada dasarnya saya tuh suka banget sama si alpukat ini, selain enak rasanya, ternyata khasiatnya juga banyak.
Alpukat juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat di planet ini karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting,
termasuk vitamin A, B, C, E, dan K, copper, zat besi, phosporus, magnesium, dan kalium.

Bahkan, Anda akan perlu untuk makan dua atau tiga buah pisang untuk mendapatkan kandungan kalium dalam satu alpukat.

Alpukat juga mengandung serat bermanfaat, protein seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang membantu melindungi terhadap berbagai penyakit.

Selain itu, alpukat merupakan salah satu buah yang berkalori tinggi yang Anda bisa makan. Hal ini disebabkan jumlah yang lebih
besar dari kandungan lemak, sekitar 20 kali rata-rata buah lain. Meskipun alpukat yang tinggi kandungan lemak, tapi itu sebagian besar lemak tak jenuh tunggal yang merupakan berbagai lemak sehat.

Berikut adalah 15 manfaat alpukat untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar,homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Kolesterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang termasuk alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, 22 persen penurunan
di kedua LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

Mengendalikan Tekanan Darah

Alpukat juga merupakan sumber kalium, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.

Anti- Inflammatory (sifat inflamasi)

Senyawa Phytonutrient yang ditemukan dalam alpukat, seperti polyphenols dan flavonoids telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degenerative.

Meningkatkan kesehatan mata

Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid lutein, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

Mengatur Kadar Gula Darah

Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin, yang membantu mengatur kadar gula darah Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil.

Mengurangi resiko cacat lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B dikenal sebagai folic acid. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari Nilai Harian untuk folat. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti kerusakan saraf dan spina bifida.

Mengurangi Resiko Stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih
rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

Melindungi terhadap Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan
kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

Melawan radikal bebas

Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Anti-Sifat Penuaan

Kaya akan antioksidan, alpukat sangat bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat mungkin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Mengobati Bau Mulut

Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut alami terbaik dan obat bau mulut. Alpukat membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya dari bau mulut dan ini kondisi yang tidak menyenangkan.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Asupan Alpukat dikaitkan dengan
meningkatnya penyerapan gizi. Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika peserta makan salad termasuk alpukat, makanan tersebut menyerap lima kali jumlah carotenoids (kelompok nutrisi yang mencakup beta carotene dan lycopene) daripada mereka yang tidak memakan alpukat.

Perawatan Kulit

Serat alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Menambah Berat badan

Alpukat memiliki 200 kalori setiap 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah
tinggi kalori, alpukat adalah diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat merupakan sumber kalori
yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung lemak jenuh dan gula berlebih.

Nahhh ayo tunggu apa lagi.. buruan beli alpukat di pasar atau supermarket terdekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s