Rotavirus.. si virus nakal pergilahhh!!

Masih ingat seminggu lalu saya posting tentang Kirana yang mendadak semam disertai diare hebat? Alhamdulillah sekarang Kirana sudah mulai pulih.

Jadi ceritanya begini, hari jumat minggu lalu akhirnya kami (saya dan Fadli) memutuskan untuk bawa Kirana ke UGD, setelah Kirana hari itu muntah 2x dan bab 6 kali. Dua bab terakhir itu bener2 ngga ada ampasnya alias air doang. Gimana ngga senewen cobaaaaa.. Kirana sih pernah beberapa kali terserang penyakit diare, namun ngga pernah sampe muntah and bab air. Jadilah setelah jam shalat jumat saya meluncur ke UGD KMC. Tas baju udah sekalian dibawa, jaga2 kalau emang diharuskan rawat inap nantinya. Sepanjang perjalanan, Kirana maunya dipangku dan dipeluk. Ngga mau duduk di carseat. Okelah.. kali ini perkecualian karena dia udah terlihat lemessss banget, jadilah saya mangku dia di mobil.

Sesampainya di UGD, saya dan Kirana disambut oleh suster, setelah ditimbang dan diukur suhunya, barulah kami dilayani oleh dokter jaga saat itu (maaf dok saya lupa namanya). Kirana diminta rebahan, dengan manisnya dia rebahan dan sempet komen stetoskopnya si dokter kayak punya Kirana (doi punya mainan alat2 dokter). Ditanyain namanya juga dijawab dengan lantang. “Siapa namanya?”, tanya dokter. “KIRANA”, jawab Kirana dengan penuh semangat. Hadehhhh.. ini kenapa sampe RS jadi semangat n ceria gini sihhh..
Ngga sesuai banget dengan profil yang emaknya jabarkan ke dokter bahwa Kirana lemes banget karena bab berkali2 dan muntah dll, dsb. Saya jadi kayak emak2 bodoh yang terlalu panik anaknya diare dikit aja langsung bawa ke UGD.

Setelah periksa Kirana dan mendengarkan keterangan dari saya, sang dokter lalu menjelaskan bahwa Kirana sepertinya terkena rotavirus atau bahasa awam jaman dulunya muntaber. Iiyyyuhhh terkesan ngga elit banget ya?

Konon katanya gejala infeksi rotavirus berupa demam ringan, diawali muntah sering, diare hebat, dan atau nyeri perut. Muntah dan diare merupakan gejala utama infeksi rotavirus dan dapat berlangsung selama 3 – 7 hari. Infeksi rotavirus dapat disertai gejala lain yaitu anak kehilangan nafsu makan, dan tanda-tanda dehidrasi. Infeksi rotavirus dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan berat, bahkan kematian. Ih serem banget kata yang terakhir. Tapi ya ciri diatas emang seperti ciri sakit yang dialami Kirana.

Infeksi ini seringkali tidak berhubungan dengan makanan kotor atau makanan basi atau air kotor. Tetapi penularannya lebih sering lewat fecal oral atau kotoran masuk melalui mulut. Biasanya virus yang tersebar lewat muntahan tersebar di sekitar mainan, pintu, lantai atau di sekitar anak-anak. Saat tangan anak tersentuh virus melalui muntahan atau bekas feses yang tidak dicuci bersih dapat masuk ke tubuh saat anak makan atau tangan masuk ke mulut. Hmmm.. yah kalo hal ini ngga tau deh gimana Kirana bisa ketularan dan dimana. Yang jelas kalau kita mau menghindari terjangkit virus ini, kebersihan tubuh termasuk paling penting. Cuci tangan dan kaki sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar rumah.

Singkat cerita, Alhamdulillah Kirana ngga perlu dirawat. Karena gejala rotavirus yang nampak pada Kirana ngga sampai tahap yang parah. Kirana ngga ada tanda2 dehidrasi. Tanda dehidrasi bisa dilihat dari mata yang cekung, bibir pecah2, kulit dibagian perut bila dicubit akan lama baliknya alias keriput. Akhirnya dokter meresepkan oralit yang diminumkan bila si anak bab air dan zinc. Zinc ini harus diminum selama sepuluh hari ke depan walaupun diare sudah reda/hilang.

Sesampainya dirumah, Kirana ngeluh sakit perut lagi. Huhuhu… Nongkronglah kita berdua di toilet, bab nya jg masih air2. Tapi untungnya Kirana udah mau minum dan makan sedikit. Walaupun minum larutan oralitnya ngga mau.

Keesokannya, Kirana berangsur pulih, bab nya hanya sekali walau masih lembek dan sudah tidak ada demam lagi.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s