Hari minggu di Kuntum Farmfield

image

Saya dan Fadli dari dulu emang sepakat untuk tidak memilih mall sebagai pilihan berakhir pekan bersama putri cantik kami, Kirana. Kenapa? Ya karena kami pengen Kirana dekat dengan alamnya, tanpa harus dicekoki dengan kebiasaan orang-orang kota pada umumnya yang menjadikan mall sebagai tempat menghabiskan akhir pekan bersama anak-anaknya. Kemudian Ya tentu yang paling utama  supaya hidup lebih sehat tentunya. Menghirup udara segar secara langsung di ruangan terbuka pastinya lebih sehat dibanding menghirup udara ber-ac dan didalam gedung. Alasan berikutnya adalah menumbuhkan rasa sayang dan empati Kirana terhadap sesama makhluk hidup, bisa menikmati kicauan burung, mendengar suara bebek dan melihat bebek berjalan beriringan dengan kawanannya tanpa harus mengejar2 bebek sampai bebeknya ketakutan, mendengar suara kambing dan sapi,  menghirup segarnya aroma rumput, harumnya bunga-bunga, sejuknya air sungai dan sebagainya.

Maka setiap hari saya selalu putar otak untuk cari informasi mengenai tempat-tempat dan kegiatan-kegiatan outdoor yang bisa menjadi pilihan kami untuk mengajak Kirana berakhir pekan.

Terpilihlah Kuntum Farmfield . Kuntum farmfield ini paduan antara peternakan, nurseries, gallery dan perkebunan. Lokasinya juga ga jauh kok dan mudah dijangkau. Dari tol jagorawi kita ambil arah bogor. Setelah pertigaan lampu merah bogor, belok kiri ke arah tajur. Lurus aja ikutin jalan sampai kita lihat plang Kuntum Farmfield di sebelah kiri jalan. Belok kiri langsung masuk deh ke lokasinya.
Untuk HTM nya Rp. 25.000,-/orang. Untuk anak 2 tahun ke atas udah bayar full, kalo anak dibawah 2 tahun masih free. Setelah membeli tiket, kami langsung masuk ke area peternakannya, namun sebelumnya ada pemeriksaan tiket sekaligus diberi topi ala caping pak Tani. Tapi ini sih ga wajib ya, cuma option n lucu-lucuan aja. Oiya jangan lupa bawa sunnies yang keren yak karena selain emang panas udaranya, bisa sekalian gaya kalo foto-foto. #eaaaaa.

image

image

Udah kayak pak n bu tani belum?

Begitu masuk area peternakan, kita disambut oleh lenguhan sapi dan kambing serta domba yang mengembik. Oiya kita bisa kasih makan sapi, kambing, domba, marmut dan kelinci. Kita juga bisa memberi susu untuk anak domba, kambing dan sapi.
Harga satu botol susu untuk domba Rp. 5.000,- dan untuk sapi Rp. 10.000,-. Sedangkan bila kita ingin memberi makan marmut dan kelinci, 1 bakul sayuran dan wortel harganya Rp.5000,- dan 1 ikat rumput ilalang untuk makanan sapi dan domba Rp. 5000,- juga. Murah meriah kan? Dengan bayar seharga tersebut kita bisa sekalian ngajarin anak kita untuk lebih dekat dengan binatang.

image

Kirana sibuk memberi susu untuk anak domba yg udah mulai abg ukurannya hehehe

image

Kelincinya suka sekali makan wortel yah.. pantes matanya sehat

image

Marmut-marmut kelaparan menunggu Kirana memberi makan sayuran lezat

image

Sapinya ga brenti ngunyah rumput

Setelah puas bermain dengan dengan marmut,  kelinci, domba dan sapi, kami berjalan menuju kawanan bebek yang berjalan menuju sungai buatan yang ada di dalam area peternakan.

image

Kami mengajak K untuk melihat perilaku para bebek yang berjalan berkawanan menuju sungai. Bebek aja bisa berjalan rapi yah, kita manusia sering maunya jalan sendiri tanpa mengindahkan peraturan yang ada.. hehehehe .. lucu deh melihat bebek-bebek itu berjalan rame-rame menuju arah yang sama, ngga saling dorong dan ngga ngacir ke mana-mana alias teratur. Di dekat sungai tersebut juga terdapat kandang ayam.

Oiya, kata salah satu petugas Kuntum, nantinya akan ada ternak kuda dan rusa lho! Waaa bakalan makin menarik lagi dan bertambah jenis binatangnya.

Terakhir, kami mengunjungi area perkebunan. Di perkebunan ini, kita katanya bisa memetik hasil panen  tanaman sayuran sendiri loh. 1 bakul tanaman sayur yang kita panen dihargai Rp. 60.000,- kalo ga salah. Dan semua tanaman sayuran disini organik! Pilihannya ada pak choy, lobak, wortel, kailan, kangkung, bayam, dll.

image

Ngga terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 siang. Sepertinya kami udah cukup puas bermain sambil belajar hari ini.
Alhamdulillah Kirana menikmati waktunya selama di Kuntum Farmfield ini. Anak senang, ayah bundapun riang.

2 thoughts on “Hari minggu di Kuntum Farmfield

  1. esther says:

    Mbak Tessa Saraswati, salam kenal sebelumnya. Terima kasih untuk info yg sangat membantu. Saya sedang mencari tempat-tempat wisata alam untuk mendidik anak-anak yang lokasinya masih terjangkau dari Jakarta. Anak saya 2 usia 5 & 7thn. Mbak ada rekomendasi selain Kuntum Farm Field lain tidak ?. Terima kasih sebelumnya. #Esther. S

  2. tessasaraswati says:

    hello mba Esther.. salam kenal juga… emang susah2 gampang ya mo kenalin anak2 kita wisata alam di jakarta.. karena ya emang kebanyakan sekarang Mall.. hehehe
    Setahu aku, ada wisata alam juga di dalam ancol, yaitu ocean echo park https://www.ancol.com/id/destinasi/ocean-ecopark. Tapi ya harus bayar tiket masuk area Taman Impian Jaya Ancol nya. Untuk ke ecopark nya sih ga perlu bayar lagi. Terus mba Esther juga bisa berkunjung ke kebun Binatang ragunan, kebetulan minggu kemaren aku baru dari sana setelah lebih dari satu tahun ngajak anakku kesana dan isinya penuh sampah. hehehe. Kalo sekarang udah jauh lebih baik loh.. binantang2nya masih kurang happy sih kelihatannya tp kebersihan lingkungannya udah lumayan bgt deh, Dengan modal Rp 4500,- per orang dah bisa jalan2 di dalam kebun binatang Ragunan. Lalu di daerah Utara tepatnya di Pantai Indah Kapuk juga ada Wisata Alam hutan Mangrove angke kapuk. HTM untuk dewasa Rp 25.000,- untuk anak Rp. 10.000,-.
    Beberapa waktu lalu aku juga sempet kesana cuma belum sempet posting. hehehehe. Nanti aku posting deh yaaa..
    Selamat jalan2 bersama anak2 yaahhh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s