Ke dokter gigi yukkkk

13 September 2014,

Kali pertama Kirana berkunjung ke dokter gigi. Yeayyy.. 
Setelah menunda-nunda rencana kunjungan ke dokter gigi ini, dan setelah daftar untuk buat appointment dengan jadwal hari sabtu dimana kudu nunggu 2 minggu untuk dapet antrian si dokter, akhirnya kamipun berkunjung juga tanggal 13 September 2014.
Pilihan kami jatuh pada drg Henny O Danan, sebenarnya awal milih dokter ini cuma krn beliau praktek hari sabtu siang aja. Kenapa sabtu siang? Ya karena ayah Kirana sempetnya hari sabtu karena senin-jumpat kerja. Kenapa siang? Karena Kirana tiap sabtu pagi ada les renang.
Setelah kami memilih drg Henny ini, si bunda tentunya langsung googling untuk lihat profil bu dokter. Dan ternyata drg Henny ini ada di blog seorang ibu yang juga pernah mengajak anaknya ke dokter gigi. Drg Henny adalah dokter gigi khusus anak-anak, jadi dia tahu bagaimana caranya mengajak anak untuk memeriksa gigi dengan cara yang menyenangkan alias penuh bujuk rayu. Hehehe.
Dimana klinik gigi pilihan kami? Di Kemang Medical Care tentunya. Entah kenapa kami sudah jatuh cinta dengan rumah sakit ini dari semenjak memeriksa kehamilan sampai dokter anak Kirana.

image

Tampak depan klinik gigi di KMC

Dulu jaman hamil, klinik gigi di KMC berada di lantai dasar, barengan sama deretan poli obgyn. Sekarang ternyata udah pindah ke lantai 5.. Untung nanya dulu ke mbak pendaftaran. Hihihi, kalo ngga, pasti dengan sotoy nya kami lenggang kangkung ke tempat klinik yang lama.
Singkat cerita, sampailah kami ke klinik gigi di lantai 5 tersebut. Terdapat 2 ruangan periksa.
Waktu menunjukkan pukul 2, dimana kami mendapatkan slot appointment jam segitu. Berhubung masih ada pasien yang sedang diperiksa oleh dokter yang praktek pagi, jadilah kita menunggu dengan sabar sambil ngobrol sama dokter Henny yang sudah datang dan ikutan nunggu ruangan periksa available.
Begitu ruangannya siap, kirana dipersilahkan masuk. Tetep harus nunggu lagi karena bu dokter mau siap-siap dulu. Tapi Kirana ngga bosen kokk secara ada meja mainan yang bikin dia betah.

image

Setelah ibu dokter siap, Kirana diajak untuk duduk di kursi periksa. Konon kata dokter Henny, memperkenalkan anak berkunjung memeriksakan gigi ke dokter gigi sejak dini itu penting banget karena untuk membiasakan si anak akan suasana si dalam ruang periksa dengan harapan kalau suatu saat si anak harus di cabut giginya jadi ngga takut lagi.
Kunjungan kali ini adalah kunjungan pertama sehingga bisa disebut kunjungan perkenalan. Mengajarkan anak sedari dini akan pentingnya merawat kesehatan gigi.

image

Kirana langsung berani loh duduk sendiri di kursi periksa

image

Dokter Henny memberikan pendekatan yang nyaman dan relax supaya Kirana ngga merasa takut

Dan mulailah pemeriksaan gigi Kirana. Kata dokter, Kirana giginya bagus dan bebas karies alias karang. Cuma…. Karena sering ngenyot jempol, rahang atas Kirana sudah maju jadi kebiasaan ngenyotnya harus segera dihilangkan, kalau ngga nanti tumbuh giginya bisa jelek dan selain itu kalau ada insiden jatuh dengan muka berhadapan dengan lantai, tingkat traumanya lebih tinggi karena giginya akan lebih mudah patah dengan posisi rahang yang sudah maju.

image

Dokter Henny sedang menghitung gigi susu Kirana

image

Gigi Kirana diperiksa ada karies nya ngga ya?! Ngga ada duonkkk

image

Kalo yang ini, bu dokter lagi membersihkan gigi Kirana dengan kain kasa

Setelah dibersihkan, lalu gigi Kirana diberi vitamin. Nahhh.. Pas dikasih vitamin inilah Kirana mulai jiper alias takut. Alhasil sang bunda harus duduk dan mangku Kirana supaya dia nyaman. Hehehe.. Ngga apa-apa ya nakkk.. Lain kali harus lebih berani lagi.
Sebetulnya ada satu tahap lagi yang harus dilakukan saat pemeriksaan ini, yaitu sikat gigi dengan mesin. Tapi sayangnya, Kirana keburu ngeri denger suara mesinnya, jadi dokter juga ngga maksain sih.
Setelah selesai pemeriksaan, Kirana di kasih hadiah karena sudah berani duduk sendiri di kursi periksa walaupun belakangan masih ada takutnya sedikit. Hehe.

image

Kirana pilih sticker Winnie the Pooh yaaa

Oiya satu lagi, ternyata selama ini saya salah posisi setiap bantuin Kirana sikat gigi. Dan sikat gigi untuk anak seumur Kirana belum perlu pakai pasta gigi, karena nantinya bukan konsentrasi menyikat giginya, malah sibuk ngisep pasta giginya. Dan itu benarrrr adanya! Kirana tuh tiap sikat gigi sukanya cuma bagian ngerasain rasa pasta giginya. Bagian sikat giginya mah cuma sebatas formalitas ajaaa! Huhh.  Dan sikat gigi untuk anak seumur Kirana harus tetap dibantuin dengan posisi anak di depan kita menghadap depan, dan kita berada di belakang seperti gambar dibawah ini.

image

Selesai sudah kunjungan ke dokter hari ini. Terimakasih kasih dokter Henny atas tips dan ilmunya. Sampai ketemu lagi 6 bulan ke depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s